www.opulsa.com

Tentang Penulis

Penulis merupakan seorang pria berdarah keturunan Bugis Sulawesi Selatan yang memiliki nama lengkap Agung Gunawan. Penulis yang saat ini ingin kembali berkiprah di dunia blogging setelah sebelumnya kandas di akhir tahun 2013. Rindu rasanya ingin kembali mencurahkan ilmu dan berbagi kepada banyak orang melalui tulisan-tulisan dengan konten yang kaya akan pengetahuan dan informasi. 

Penulis Lahir di kampung yang jauh dari perkotaan, yaitu di Sampakan Desa Kanaungan, Kecamatan Labakkang, Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulawesi Selatan pada 11 Mei 1994. Perkampungan dengan adat dan budaya bugis yang masih kental dan tetap dipertahankan dari majunya teknologi.

Penulis mengenal IT sejak tahun 2006 sewaktu duduk di bangku SMP tepatnya di SMP Negeri 1 Labakkang. ketertarikan akan perkembangan IT, penulis memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya di sekolah kejuruan tepatnya di SMK Negeri 1 Bungoro tahun 2008 pada jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.

di Masa Sekolah Penulis terus mengikuti perkembangan IT masa itu, penulis mulai menggunakan Linux, mengenal teknologi-teknologi jaringan, mengenal perkembangan IT secara luas. selama masa sekolah penulis juga aktif sebagai anggota Palang Merah Remaja dan sempat menduduki posisi Ketua Umum pada tahun 2009. terlepas dari kegiatan internal sekolah penulis tetap aktif mengikuti seminar, training dan workshop tentang IT. 

ditahun berikutnya, penulis mulai menampakkan diri bahwa penulis mampu bersaing di ajang yang besar dengan berhasil menjuarai kompetisi IT tingkat Provinsi sebagai Juara 1 Electrical Technology Competition di Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin tahun 2010. 

ditahun berikutnya, penulis telah lulus di jenjang pendidikan menengah kejuruan. dan mencoba peruntukan di universitas yang pernah membanggakan penulis melalui jalur prestasi. namun sedikit miris saat panitia seleksi menganggap bahwa kompetisi yang dilaksanakan di tahun sebelumnya itu tidak pernah dilaksanakan dan berkas penulis di cancel sebagai peserta yang tidak memenuhi prestasi. sangat kecewa namun harus tetap menerima kenyataan dan tetap yakin bahwa penulis benar-benar punya kemampuan yang tidak diakui oleh mereka secara simbolis (sertifikat).

Namun hal tersebut tidak membuat semangat penulis surut. penulis memutuskan untuk masuk di salah satu PTS di Makassar dan berhasil lolos seleksi pada STMIK AKBA Makassar. seperti biasanya sebagai mahasiswa, penulis aktif dalam berorganisasi dan tetap pada jalur yang memang adalah kesukaan penulis semenjak SMP yaitu IT.

Penulis bergabung di satu-satunya UKM IT di STMIK AKBA yaitu Cyber Open Source, organisasi yang cenderung mempelajari, mengembangkan diri, berbagi informasi tentang IT secara umum dan terkhusus ke Open Source. Semenjak bergabung di awal tahun 2012, penulis aktif dan terus mengembangkan diri di Cyber Open Source sebagai anggota bidang Networking. ditahun yang sama penulis mulai berkarya dengan cara blogging, membagikan informasi, pengetahuan, dan pengalaman IT melalui jejaring blog.

ditahun berikutnya, penulis mulai menerapkan ilmu di bidang IT, saat masih berkuliah di STMIK AKBA, penulis sudah mulai bekerja paruh waktu di salah satu perusahaan Lokal yaitu Folder Solution sebagai teknisi Komputer. tahun 2013 penulis diangkat sebagai Kepala Bidang Web di Cyber Open Source, yang dimana ini adalah hasil perjuangan penulis untuk menambah bidang baru sewaktu Rapat tertinggi Cyber Open Source.

3 Bulan di Folder Solution perusahaan ini diakuisisi oleh perusahaan lain-nya sehingga model bisnis berubah menjadi IT Infrastruktur dan Penyedia Layanan Software berbasis web dengan perusahaan bernama CV. Indo Global Network dan penulis menempati posisi sebagai Web Programmer. ini merupakan awal penulis mulai berhenti sejenak dari dunia blogging dikarenakan sudah memiliki 3 kesibukan yaitu bekerja paruh waktu, berorganisasi, dan kuliah. 

11 Bulan bekerja paruh waktu di IGN sebagai Web Programmer, tepatnya di bulan april 2014, perusahaan berubah nama menjadi CV Smart Inovasi dan menambah bidang bisnis baru yaitu Training IT yang bekerjasama dengan penyelenggara Training Network Engineer bernama Jawdat Indonesia. dan diberi tambahan pekerjaan sebagai asisten trainer. dan mulai april 2014 juga penulis dipercayakan untuk bekerja di bidang networking yang memang merupakan bidang yang penulis sukai yaitu sebagai Network Speciallist dan mengerjakan beberapa project list di Sulawesi Selatan.

Awal 2014 saat masih paruh waktu di IGN, Penulis juga menjalani kontrak oleh Perusahaan Multinasional PT. Packet Systems sebagai Network Engineer yang bertugas melakukan pemasangan perangkat cisco di Pegadaian untuk site Sulawesi, Ternate, dan Manado selama 2 bulan. 

1 Tahun setelah bekerja paruh waktu di Smart Inovasi, tepatnya April 2015 bermodalkan kemampuan menggunakan device vendor mikrotik penulis sukses meraih sertifikasi bidang IT dari vendor yang pertama yaitu MTCNA yang berlaku secara Internasional. dibulan yang sama penulis juga sudah menjalani magang di salah satu BUMN di makassar dan selain itu juga penulis sudah ingin menyelesaikan perkuliahan dan lulus dengan waktu 4 Tahun. Skripsi dan Magang mulai mengikis waktu penulis sehingga kesulitan menyeimbangkan waktu dengan pekerjaan paruh waktu.

Mei 2015 tepatnya di ulang tahun penulis yang ke 21, penulis memutuskan untuk berhenti bekerja paruh waktu di CV. Smart Inovasi dan fokus menyelesaikan magang dan Skripsi untuk menyelesaikan jenjang perkuliahan dan meraih gelar akademik Sarjana Komputer.

Agustus 2015, magang sudah selesai dan Skripsi sisa menunggu wisuda Penulis kembali di kontrak oleh PT. Metrocom Global Solusi untuk meyelesaikan project List mereka untuk melakukan Preventive Maintenance di sala satu Bank Besar di Indonesia Untuk Site Sulawesi Selatan Selama 3 Bulan.

Oktober 2015, 6 Hari sebelum wisuda entah kejatuhan rejeki dari mana, Kominfo dan LSP Telematika melaksanakan Bimtek dan Sertifikasi Bidang TIK bertepatan dengan H+1 selesainya kontrak di PT. MGS saya berangkat ke Kota Bone selama 3 Hari. dan lulus dengan predikat memuaskan dan mendapatkan sertifikasi berlogo garuda di dengan sub bidang Junior Network Administrator (JNA).

Finnaly, tepatnya 27 Oktober 2015, penulis dikukuhkan sebagai wisudawan dengan gelar Sarjana Komputer (S.Kom) dengan IPK yang memuaskan. Panjang dan sangat panjang perjalanan hidup seorang pria pekerja keras yang selama ini mendedikasikan hidunya beberapa tahun terakhir untuk mendapatkan pengalaman di bidang IT.

bagi penulis, do'alah yang menjai pendamping kerja keras beberapa tahun terakhir. dan ini bukanlah keberhasilan ataupun kesuksesan bagi penulis, karena bagi penulis kesuksesan adalah "Outstanding Result" yaitu saat penulis sukses mensukseskan orang lain


Share on :
Bookmark and Share
| January 2, 2012 |